PENGANTAR
E-BISNIS
A. Pengertian
E – Business
1. Definisi
e-business secara sederhana
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis
yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan
teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan
suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani
kepuasan pelanggan secara lebih baik.
2. Beda
e-business dengan e-commerce
adalah ecommerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet
sedangkan e-business termasuk juga pertukaran informasi secara online misalnya
sebuah perusahaan manufaktur membagi informasi persediaan bahan baku ke
supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi tentang perbankan, credit
card, dll dengan konsumen mereka, dan sebagainya
E-bisnis adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi,
individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses
bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan,
fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan
produktivitas dan profit. Contoh: Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis
Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan
berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga
melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses
oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya
kertas, dapat diakses 24 jam, dan lain – lain.
B. Pelaku
E-Business
1. Organisasi,
2. konsumen,
3. perusahaan,
4. supllier,
5. pekerja,
6. rekan
bisnis
C. Alat/Media/Sumber
Daya yang Digunakan
1. Teknologi
informasi dan komunikasi
2. Komputer,
data yang telah terkomputerisasi
3. Internet
D. Kegiatan
Sasaran
1. Kegiatan
bisnis
2. Proses
bisnis utama
3. Pembelian,
penjualan,pelayanan, transaksi
4. Operasi
bisnis utama
E. Tujuan
1. Koordinasi,
Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
2. Transformasi
proses bisnis
3. Sharing
informasi
F. Keuntungan
1. Pendekatan
yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
2. Memberikan
nilai bisnis yang berbeda
3. Efisien
4. Peningkatan
produktivitas dan keutungan
G. Komponen
E-Bisnis:
1. Local
Area Network (LAN)
Yaitu
sistem komputer dan peralatan lainnya, seperti printer, yang lokasinya dekat
antara satu dengan lainnya.
2. Wide
Area Network (WAN)
Yaitu mencakup wilayah geografis yang luas, dan
seringkali global.
3. Value
Added Network (VAN)
Yaitu
nilai tambah dari jaringan, domain atau wilayah pemasok transmisi biasa, yang
mencukup layanan pertukaran data elektronik, email dan layanan informasi.
4. Internet
Adalah
jaringan internasional komputer (dan jaringan-jaringan yang lebih kecil) yang
saling berhubungan.
Faktor
- Faktor Keberhasilan E-Bisnis.
1. Terdapat
dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk
dalam e-business.
2. Faktor
pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi
keseluruhan perusahaan.
3. Faktor
kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu
Validitas, Integritas, dan Privasi
Pengaruh bisnis terhadap proses bisnis
- Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga.
- Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk.
- Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
- Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.
- Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
- Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
- Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga.
- Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk.
- Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
- Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.
- Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
- Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar